Memahami ISO 9001 dan Manfaatnya untuk Perusahaan

JASA SERTIFIKASI ISO – Sistem manajemen mutu berstandar internasional atau ISO 9001 membantu perusahaan mengembangkan bisnis. Organisasi dan perusahaan yang telah disertifikasi (mendapat pengakuan dari lembaga sertifikasi secara independen, berarti organisasi dan perusahaan tersebut memenuhi persyaratan global untuk penjaminan mutu produk dan jasa.

Standar ISO 9001 dapat diterapkan di organisasi dan perusahaan besar maupun kecil, terlepas dari produk dan layanannya, apa pun aktivitas organisasi dan perusahaan tersebut, dan apa itu perusahaan bisnis, pelayanan publik atau departemen pemerintahan, standar ISO 9001 menjangkau semua organisasi dan perusahaan.

Aktivitas yang dilakukan oleh organisasi dan perusahaan dalam mengelola proses hingga produk atau jasa memenuhi targetnya sendiri, menentukan seperti apa sistem manajemen di organisasi dan perusahaan tersebut. Apakah produk dan jasa memenuhi persyaratan mutu pelanggan, apakah sesuai dengan peraturan, atau seberapa dampak terhadap lingkungan? Itu semua jadi syarat standar ISO 9001.

ISO 9001 menyediakan kerangka kerja bagi organisasi dan perusahaan, terkait prinsip-prinsip dasar dengan pendekatan manajemen. Semua dilakukan agar tercipta konsistensi mencapai kepuasan pelanggan.

Adapun manfaat dari penerapan standar ISO 9001 adalah sebagai berikut:

  • Kepuasan pelanggan – penyampaian produk yang efektif dan efisien
  • Menghemat biaya operasional – perbaikan berkelanjutan pada setiap proses
  • Peningkatan hubungan dengan stakeholders – termasuk karyawan, pelanggan, dan supplier
  • Pemenuhan persyaratan hukum – memahami peraturan dan perundang-undangan yang jadi regulasi dan punya pengaruh terhadap organisasi dan pelanggan
  • Manajemen risiko – mengamati alur proses produk dan jasa dari kemungkinan risiko yang akan terjadi.
  • Kepercayaan masyarakat – pengakuan dari badan sertifikasi yang independen serta bukti bahwa perusahaan telah meraih sertifikasi ISO
  • Memperluas area bisnis – untuk pengadaan, lelang, dan tender yang mempersyaratkan sertifikat ISO perusahaan, maka perusahaan bisa lebih fokus terhadap lelang atau tender tersebut.

Organisasi harus memahami apa itu ISO 9001. Pada ISO 9001 versi baru yaitu ISO 9001: 2015, ada klausul yang menjelaskan tentang “Konteks Organisasi”. Itu ada pada klausul 4, dan memahami organisasi juga jadi bagian dari klausul tersebut, yaitu pasal 4.1. Segera hubungi kami jika perusahaan Anda ingin sertifikasi ISO 9001 (klik di sini).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *